Ternyata bukan udang beneran kawan-kawan, jangan tertipu dengan judulnya. Udang yang dimaksud adalah fosil predator laut yang mirip udang. Itu ditemukan di sebelah tenggara Maroko dan punya panjang sekitar 1 meter. Katanya hewan tersebut adalah yang terbesar di jenisnya dan mendominasi laut di jaman sebelum dinosaurys.

Mereka menyebut hewan tersebut Anomalocaridid, bentuknya mirip udan dan gurita. Salah satu bagian di kepalanya menonjol dan melingkar. Mulut mereka berlapis serta membuka dan menutup seperti diafragma kamera. Sebenarnya dulu juga pernah ditemukan yang seperti itu, cuma ukurannya hanya 0,6 meter. Seukuran itu sudah termasuk besar lho kawan-kawan untuk hewan dalam periode Cambria (542 hingga 501 juta tahun yang lalu), saat invertebrata banyak berevolusi menjadi berbagai hal.

Ukurannya memang mengejutkan, tapi kawan-kawan, yang lebih mengejutkan adalah kenyataan bahwa hewan itu sudah hidup sejak 488 hingga 472 tahun yang lalu.

“Hewan ini ternyata bertahan hidup 30 tahun lebih lama dari yang diperkirakan,” kata Derek Briggs, Direktur Yale Peabody Museum, yang turut serta pada studi.

Ilmuwan mengatakan bahwa fosil hewan itu jarang ditemukan, karena jaringan mereka rusak sebelum terbentuk fosil. Khusus untuk fosil yang ditemukan di Maroko ini, ilmuwan beruntung karena endapan di sekitarnya membuat hewan terawetkan.

Yah, pada akhirnya memang hewan itu punah dan menghasilkan keturunan predator laut yang modern.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s