Tebo Manusia Misterius

Posted: June 6, 2011 in Berita Unik
Tags: ,

Wahana Misteri beberapa waktu lalu menggelar pameran di kawasan Waru, Sidoarjo. FARIS PRATAMA alias TEBO, laki-laki yang dipercaya sebagai hasil selingkuh gendruwo dan manusia, menjadi bintang pameran. Geger!

Lahir di Alas, Jawa Timur, 1945, Tebo berbadan sangat kekar. Mirip Tarsan dalam cerita film. Sebagian besar badannya berbulut hitam lebat, bagian belakang kepalanya ada ‘wajah gendruwo’.

“Jadi, mukanya si Tebo ini dua. Satu di depan seperti manusia biasa, satu di belakang. Wajah gendruwo itu, ya, kayak begini,” jelas Halim, juru bicara Tebo, kepada saya.

Ratusan pengunjung, khususnya anak-anak, berteriak ketakutan ketika Halim membuka wajah Tebo yang tertutup rambut panjang. Menurut Halim, bagi praktisi kebatinan atau paranormal fenomena Tebo alias Imam Sayuti ini sejatinya hal biasa. Mereka pun bisa berkomunikasi dalam ‘bahasa khusus’, karena Tebo tak mampu berbicara dalam bahasa manusia [katanya!].

“Bahasa Jawa dia paham sedikit. Makanya, komunikasi dengan dia tidak gampang,” kata Halim yang tak pernah lepas dari si Tebo.

Alkisah, pada 1945 hiduplah sepasang suami-istri FAI dan NASIKAH di lereng Gunung Watungan, Desa Wuluhan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Fai bekerja sebagai kuli bangunan, istrinya membantu mencari kayu di hutan Ambulu. Masih pengantin baru, konon mereka belum sempat berhubungan suami-istri, Fai pergi ke kota untuk bekerja di proyek. Fai, begitu tutur pengelola Wahana Misteri, pamit untuk jangka waktu lama.

Eh, baru tiga hari pamitan, ‘Fai’ pulang lagi menemui Nasikah. [Dipercaya sebagai gendruwo atau makhluk halus. Postur, cara bicara, suara, dan perilakunya persis Fai, sang suami asli.] Nah, si gendruwo yang menyamar sebagai Fai ini kemudian menyetubuhi Nasikah.

Nasikah, wanita desa itu, tenang-tenang saja karena menganggap ‘laki-laki’ itu suaminya yang sah. Bulan ketujuh Nasikah hamil, Fai palsu pamit. Datanglah Fai yang asli.

“Lho, kamu hamil? Sama siapa? Saya kan nggak pernah…???”

Geger besar! Untung saja, ulama terkemuka di Ambulu meminta Fai untuk bersabar karena istrinya tidak selingkuh. Ada pesan atau isyarat spiritual yang terjadi dengan istrinya. Lalu, lahirlah bayi penuh rambut di tubuh dengan bintik-bintik merah.

Ada peristiwa mengherankan ketika bayi Tebo lahir ke dunia. Tiba-tiba saja semua peralatan untuk menolong persalinan sang ibu sudah tersedia di kamar tempat Tebo lahir. Maka, bidan desa atau dukung kampung yang biasa menangani persalinan pun tak kesulitan untuk menolong Nasikah.

Orang tuanya memberi nama FARIS PRATAMA. Tapi laki-laki kekar ini diberi nama gaib, TEBO, sesuai dengan petunjuk ‘dari langit’. Tebo kemudian diasuh oleh pasangan suami-istri ini layaknya anak mereka sendiri.

Tebo juga menjadi buah bibir masyarakat sekitar. Setiap hari ada saja warga yang penasaran datang melihat wajah Tebo, manusia keturunan gendruwo ini. Dalam perkembangannya, nafsu makan Tebo alias Imam Sayuti melejit dengan cepat. Porsi makannya beberapa kali lipat ketimbang manusia normal. Tak ayal, Fai dan Nasikah kewalahan menyediakan makanan untuk Tebo.

Bagaimana tidak. Tebo makan enam kali sehari. Menu sekali makan: nasi putih setengah kilogram. Satu liter air minum. Dua kilogram buah-buahan. Empat pak rokok Gudang Garam.

Tebo hanya tidur dua jam sehari, yakni pukul 01.00-03.00 WIB. Kencing dua hari sekali. Buang air besar hanya dua kali sebulan. “Makanya, setiap kali pameran Tebo bisa duduk statis selama 12 jam. Kalau manusia biasa, mana kuat? Apalagi, dikeliling ratusan bahkan ribuan orang seperti ini?” ujar Halim, yang kadang-kadang memanggil Tebo dengan sapaan ‘Mr. John’.

[Anak-anak tertawa ngakak mendengar Tebo dipanggil Mr John.]

Bagaimana Tebo, warga alas Jember, bisa diajak berkeliling pameran di seluruh Indonesia?

ADJIE KARIYADJIE, manajer Wahana Misteri, pada 1990 kebetulan mendengar kisah misteri tentang Tebo, si gendruwo. Bersama istrinya, LILIEK HERAWATI, yang sama-sama penggemar dunia misteri, berangkat ke alas Jember untuk meminta Tebo.

Adjie dan istri dititipi pesan agar menjaga Tebo alias Imam Sayuti alias Mr John ini baik-baik. Karena ‘titipan’ itu, Adjie dan istrinya berusaha menjaga dan merawat Tebo secara maksimal. Semua kebutuhan pokok Tebo dipenuhi. Apa pun makanan yang diminta Tebo pun dituruti.

Bagaimanapun juga Tebo telah menjadi ikon utama Wahana Misteri, perusahaan hiburan yang secara khusus memamerkan barang-barang supranatural, binatang-binatang aneh, sampai atraksi supranatural. Karena itu, ketika Museum Rekor Indonesia alias Muri berminat memasukkan Tebo dalam salah satu entry ‘rekor nasional’ Wahana Misteri keberatan.

Tebo tak pernah sakit, mengeluh, mengeluh meski digoda oleh ratusan orang dari kota ke kota. Tebo juga tak pernah masuk angin meski setiap hari berhadapan dengan kipas angin berkekuatan besar.

“Kalau sampai sakit, masa bisa tampil di mana-mana sampai 78 kali. Dia punya kekuatan luar biasa yang tidak dimiliki oleh manusia biasa,” kata Halim yang antusias menjelaskan sepak terjang Tebo.

Anda boleh percaya boleh tidak. Terserah lah!

About these ads
Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s